Minggu, 15 Mei 2011

Struktur Produksi


Struktur produksi adalah logika proses produksi, yang menyatakan hubungan antara beberapa  pekerjaan pembuatan komponen sampai menjadi produk akhir, yang biasanya ditunjukkan dengan skema. Struktur produksi nasional dapat dilihat menurut lapangan usaha dan hasil produksi kegiatan ekonomi nasional.

Proses Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan Negara Indonesia yang disetujui oleh DPR. APBN itu berisi daftar sistematis dan terperinci yang memuat rencana penerimaan dan pengeluaran Negara selama satu tahun anggaran.

Untuk proses penyusunan APBN ini sendiri dikoordinasikan atas nama presiden oleh menteri keuangan dan badan perencanaan nasional. Untuk tahapannya, pertama tama pembicaraan pendahuluan antara pemerintah dan DPR. Lalu baru diadakan Tahapan penyusunan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban APBN

Kebijakan Fiskal di Indonesia


Kebijakan Fiskal adalah kebijakan yang dibuat pemerintah untuk mengarahkan ekonomi suatu negara melalui pengeluaran dan pendapatan pemerintah dalam bidang anggaran belanja negara.

Untuk anggaran belanja Negara sendiri terdiri dari :
  1. Penerimaan atas pajak 
  2. Pengeluaran pemerintah (government expenditure) 
  3. Transfer pemerintah, yang contohnya seperti pemberian beasiswa atau bantuan – bantuan, yang balas jasanya tidak secara langsung diterima oleh pemerintah.
Factor utama dari kebijakan fiscal sendiri adalah pajak dan pengeluaran pemerintah. Yang jika tingkat dan komposisi dari kedua factor ini berubah akan mempengaruhi vaiable-variable seperti :
  • Permintaan agregat dan tingkat aktivitas ekonomi
  • Pola persebaran sumber daya
  • Distribusi pendapatan

Minggu, 08 Mei 2011

Penanaman Modal Dalam Negeri


Penanaman modal dalam negeri adalah penanaman modal untuk melakukan usaha di wilayah negara Republik Indonesia yang  dilakukan oleh penanam modal dalam negeri dengan menggunakan modal dalam negeri. Dilaksanakan berdasarkan Undang-undang No. 6 Tahun 1968 tentang Penanaman Modal Dalam Negeri sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang No. 12 Tahun 1970. Tetapi ketentuannya diatur didalam Undang-undang No. 25 Tahun 2005 tentang Penanaman Modal.

Dilema Sumber Daya Manusia di Indonesia


Indonesia, dengan luas wilayah yang sangat besar dan melimpah ruahnya kekayaan sumber daya alam, juga memiliki jumlah sumber daya manusia yang begitu besar. Tak tanggung – tanggung, kita masuk ke dalam urutan ke-5 dalam rangka jumlah penduduk terbanyak di dunia. Tapi apa sehebat itu juga ranking ita dalam kualitasnya?

Minggu, 01 Mei 2011

Relasi Antara Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan


Indonesia. Tentu saja kita semua tahu bahwa negara kita yang satu ini memiliki potensi ekonomi yang sangat tinggi. Secara geografis dan klimatologis begitu mendukung dengan banyaknya harta melimpah. Dengan garis pantai kita yang terluas di dunia, iklim tropis yang memungkinkan pendayagunaan lahan tanpa henti sepanjang tahun, hutan dan berbagai kekayaan alam yang begitu luar biasa mempesona.
Masalahnya, kita belum memiliki perencanaan terbaik dengan semua potensi yang sudah kita miliki. Belum lagi dengan kesenjangan perkembangan tiap daerah dan berbagai kendala untuk distribusi pendapatan yang adil merata. Jadi di Indonesia ini bukan tidak ada orang-orang kaya, kita banyak memiliki hartawan yang kekayaannya dapat disandingkan dengan orang-orang kaya di dunia, tapi menyedihkannya kita juga masih memiliki rakyat-rakyat miskin yang untuk membeli beras layak tiap harinya pun tak sanggup.
Nah, salah satu problematika dibalik kemiskinan ini adalah tentang distribusi pendapatan. Mari sedikit kita ulas seluk beluk distribusi pendapatan ini.

Berbagai Sisi Hambatan, Dalam Perdagangan Internasional


Perdagangan Internasional adalah salah satu sumber kekayaan negara, yang jika ingin mencapai kemakmuran maka mutlak kita harus menjalin kerjasama dengan negara lain, dan itu bisa dalam bentuk perdagangan. Tentu saja harapan setiap negara agar perdagangan Internasionalnya berjalan dengan baik dan saling menguntungkan. Tapi tak bisa dipungkiri pasti akan ada hambatan hambatan yang terjadi di dalamnya. Karena setiap hal pasti menimbulkan konsekuensi dan selalu adanya kontroversi. Sementara tentunya kita menginginkan keputusan yang terbaik bagi berbagai aspek.
Untuk makna dari hambatan sendiri tidak selalu berarti buruk. Dalam perdagangan Internasional hambatan setidaknya memiliki setidaknya 2 versi penafsiran. Ada yang mendefinisikan hambatan itu sebagai  regulasi atau peraturan pemerintah yang sengaja dibuat untuk membatasi perdagangan bebas. Ada juga yang mendefinisikan hambatan sebagai hal-hal alami yang memang muncul dan sering menjadi penghambat perdagangan Internasional yang akhirnya berujung merugikan.
Mari kita bahas satu persatu …