Jumat, 21 Oktober 2011

Kelangkaan dan Hal yang Diakomodir Dalam Ekonomi

Kelangkaan...
Kelangkaan itu bisa terjadi karena besarnya kebutuhan yang melebihi tersedianya sumber daya.

Kenapa ada barang yang langka dan tidak?
Bisa timbulnya kelangkaan pada suatu barang itu dikarenakan besarnya kebutuhan dan keinginan masyarakat untuk mendapatkan benda tersebut, sementara ketersediaan barang tersebut tidak mampu mengimbangi permintaan dari masyarakat itu. Entah dikarenakan memang sumberdaya yang terbatas, atau karena keterbatasan produksi dari barang tersebut. Sementara jika permintaan dan ketersediaan barang tersebut seimbang ataupun malah permintaannya yang lebih sedikit dari ketersediaan, maka tidak akan terjadi kelangkaan pada barang tersebut.

Ekonomi sendiri mengakomodir hal hal yang juga berhubungan dengan kelangkaan.

Apa yang diakomodir dalam ekonomi ?
Ekonomi itu mengakomodir dua hal, yaitu kebutuhan dan keinginan.
Kebutuhan itu sesuatu yang diinginkan oleh manusia yang memang penting dan dibutuhkan dalam kehidupan. Sementara keinginan itu sesuatu yang diinginkan oleh manusia tetapi tidak pasti dibutuhkan oleh manusia itu sendiri. Jadi lebih ke pemenuhan kepuasan bagi si manusia saja.
Kalau sebuah keinginan tidak dipenuhi sebetulnya tidak apa-apa, tapi lebih ke kepuasan atau kesejahteraan dari si manusianya saja yang berkurang. Sementara jika sebuah kebutuhan tidak dipenuhi maka yang terjadi si manusia tersebut akan menjadi kekurangan.
Dalam ruang lingkupnya keinginan memiliki ruang lingkup yang lebih luas. Karena setiap kebutuhan itu pasti keinginan, sementara tidak semua keinginan itu sebenarnya kita butuhkan.

0 comments:

Posting Komentar