Minggu, 04 Maret 2012

Review Jurnal

“International Capital Movements: Who Gains and Who Loses?”

oleh Morihiro Yomogida

REVIEW JURNAL

Pada jurnal ini penulis mengeksplorasi dampak arus modal internasional pada distribusi pendapatan dalam negara. Didasari dari fenomena yang ada di gelombang globalisasi, yaitu faktor produksi seperti modal, pekerja terampil dan yang tidak terampil diperbolehkan untuk bergerak secara internasional, dengan bertahap. Pergerakan faktor produksi ini jelas mempengaruhi distribusi pendapatan di dalam maupun di seluruh negara, akibatnya para ekonom dan pembuat kebijakan telah membayar dengan memberikan perhatian lebih kepada efek distribusi dari faktor pergerakan. Jika faktor produksi terjebak dalam negara, prinsip keunggulan komparatif memprediksi pola perdagangan. Jika beberapa faktor produksi bergerak internasional, keunggulan absolut beserta keunggulan komparatif berperan dalam menentukan pola perdagangan barang dan faktor.
Dengan menggunakan model Ricardian dua-negara dengan sektor modal spesifik, diselidikilah dampak pergerakan modal pada distribusi pendapatan dalam negara. Didukung juga dengan penelitian yang sebelumnya telah dilakukan oleh Jones (1980, 1994) yang memberikan sebuah Ricardian model untuk pengaturan di mana sektor-sektor tertentu membutuhkan modal selain tenaga kerja. Menggunakan model diperpanjang, ia menunjukkan bahwa keunggulan absolut serta keuntungan komparatif berperan dalam penentuan alokasi modal di dunia. Menurutnya, ketentuan perdagangan barang diperlakukan sebagai parameter yang diberikan secara eksogen.
Pada jurnal secara eksplisit dipertimbangkan struktur sederhana dari permintaan komoditas sehingga ketentuan perdagangan barang ditentukan endogen di pasar barang. Ekstensi ini memungkinkan kita untuk menganalisis peran struktur permintaan dalam menentukan arah gerakan modal internasional. Juga  untuk memeriksa apakah pemilik modal dan pekerja  mendapatkan untung dari arus modal relatif terhadap dasar perdagangan bebas.
Jika dipertimbangkan situasi dimana barang dapat diperdagangkan secara bebas tetapi modal tidak diijinkan untuk bergerak antar negara, akan terbentuk kurva seperti di bawah ini 

  
RS 1 yang ada di gambar atas menggambarkan pasokan relative kurva dunia. X adalah barang dari sector yang meminta modal dan pegawai pada produksinya. Sementara Y adalah sector yang hanya menggunakan modal sebagaisektor spesifik inputnya.
Saat Px/Py < OA maka kedua negara menghususkan diri dalam memproduksi barang Y. Kenaikan pada Px/Py negara tuan rumah akan mulai memproduksi kedua barang yaitu X dan Y, tetapi negara asing masih akan menghususkan diri untuk lebih memproduksi barang Y.
Ada dua jenis kesetimbangan. Pertama, anggaplah bahwa pangsa pengeluaran baik X itu kecil dan kurva permintaan relatif dari dunia seperti RD1 pada Gambar 3. Kemudian, dalam keseimbangan perdagangan bebas di mana RS1 memotong dengan RD1, negara menghasilkan baik barang, dan negara local  menawarkan pengembalian yang lebih tinggi terhadap modal dari luar negeri. Ini berarti bahwa modal akan mengalir ke dalam negeri dari luar negeri di bawah mobilitas modal gratis. Kedua, anggaplah bahwa pangsa pengeluaran dari barang X besar dan kurva permintaan relatif dunia seperti RD2 pada Gambar 3. Kemudian, berbeda dengan kasus sebelumnya, negara asing menawarkan pengembalian yang lebih tinggi terhadap modal dari negara lokal pada ekuilibrium perdagangan bebas, yang berarti modal yang akan mengalir ke luar negeri dari dalam negeri.
Arah modal gerakan krusial tergantung pada ukuran permintaan relatif. Jika pangsa pengeluaran barang X kecil dan kurva permintaan relatif diberikan oleh RD1, maka negara asing akan mengekspor modal ke negara lokal. Di sisi lain, jika pangsa pengeluaran untuk barang X cukup besar dan kurva permintaan relatif diberikan oleh RD2, maka dalam negeri  akan mengekspor modal ke luar negeri. Jika permintaan untuk kebaikan padat modal yang kuat, gerakan modal merugikan pemilik modal tetapi memberi keuntungan kepada pekerja di kedua negara. Jika negara-negara yang spesialisasinya tidak lengkap dalam produksi dan permintaan dunia untuk barang padat modal kuat, arus modal ke negara itu memiliki produktivitas modal yang lebih tinggi dan produksi dunia dari barang padat modal meluas. Akibatnya, barang padat modal menjadi lebih murah, yang menguntungkan pekerja tetapi merugikan pemilik modal. Namun, jika permintaan untuk barang padat modal lemah, arah pergerakan modal dibalik, dan efek pada pendapatan distribusi akan benar-benar berlawanan

0 comments:

Posting Komentar